Hermanto, S.Pd, M.Pd.

Hermanto dilahirkan di Tembe Kecamatan Maginti Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 19 Maret 1987, anak kedua dari empat bersaudara, dari ayah La Kale dan Ibu Wa Hafia, beralamat di Jalan Tunggala Dalam Baito Kelurahan Anawai Kecamatan Wua-Wua Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

               Riwayat pendidikan yaitu pada Tahun 2000 tamat di Sekolah Dasar Negeri Pulau Rangku Kecamatan Tikep Kabupaten Muna, tahun 2003 tamat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tikep Kabupaten Muna, tahun 2006 tamat di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Raha, tahun 2010 lulus Sarjana Psikologi Pendidikan Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo, dan tahun 2012 mengikuti Program Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo pada Program Studi Pendidikan IPS Konsentrasi Administrasi Pendidikan.
            Riwayat pekerjaan yaitu pada tahun 2011 sampai tahun 2012 menjadi Staf Administrasi pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Kendari, pada tahun 2012 sampai sekarang menjadi Dosen Tetap pada Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari.


Penelitian
ANALISIS BENTUK POLA ASUH  ORANG TUA  DALAM  MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI DESA KEMBAR MAMINASA KECAMATAN MAGINTI KABUPATEN MUNA
No Nim Nama Judul penelitian Jurusan Status
1 21614043 Kiki Fatmala Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Anak di Kelompok B3 Raudhatul Athfal Al-Insyiroh Kecamatan Poasia Kota Kendari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Selesai
2 21614005 Atriani Meningkatkan kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Bola angka di kelompok B TK Smart Shcool Kelurahan Bende Kecamatan Kadia Kota Kendari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Selesai
3 21614007 Purnawanti meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan balok angka di TK ABA 14 matombura kecamatan Bone kabupaten Muna Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Selesai
4 21014064 Minartin Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak melalui Makan Bersama pada Anak Kelompok B PAUD Ceria Desa Wungkolo Kecamatan Wawonii Selatan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Selesai
5 21614042 FIFI ANGRAWATI Meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak melalui cerita dongeng pada kelompok B paud Alfatan kecamatan palangga kabupaten konawe selatan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Selesai
6 21515018 Bony Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Bintang Sembilan Kecamatan Kambu Kota Kendari Pendidikan Masyarakat Selesai
7 21114067 Sarnani Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Kertas Pita Bentuk Ikan pada Kelompok B di RA Darussalam Kota Kendari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Selesai
8 21814137 Felty Pembentukan Karakter Kedisiplinan anak dalam berprilaku hidup bersih dan sehat untuk menghindari covid 19 di TK Fajar Nur Kota Kendari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Selesai
9 21614087 Irma Yanti meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase pada anak kelompok B TK Mekar Indah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Selesai
Publikasi

EFEKTIFITAS KEGIATAN PARENTING TERHADAP PEMAHAMAN ORANG TUA MURID  TENTANG PENTINGYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI  RAUDHATUL ATHFAL   KOTA KENDARI

Pengajaran

Mata Kuliah yang diampu adalah Strategi Pembelajaran AUD
Deskripsi model/metode pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Materi pembelajaran terbarukan sesuai dengan perkembangan IPTEKS

2. Terbentuknya relevansi yang bersifat koheren dari setiap materi perkuliahan yang diajarkan

3. Disajikan dengan model dan metode pembelajaran yang bervariasi

Materi Kuliah adalah sebagai berikut :

STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI

 

A. Hakikat Anak Usia Dini

Dalam undang-undang tentang sistem pendidikan nasional dinyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14).

Anak usia dini adalah anak yang baru dilahirkan sampai usia 6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak (Yuliani Nurani Sujiono, 2009: 7). Usia dini merupakan usia di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Usia dini disebut sebagai usia emas (golden age). Makanan yang bergizi yang seimbang serta stimulasi yang intensif sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tersebut.

Ada berbagai kajian tentang hakikat anak usia dini, khususnya anak TK diantaranya oleh Bredecam dan Copple, Brener, serta Kellough (dalam Masitoh dkk., 2005: 1.12 – 1.13) sebagai berikut.

1.     Anak bersifat unik

2.     Anak mengekspresikan perilakunya secara relatif spontan

3.     Anak bersifat aktif dan enerjik

4.     Anak itu egosentris

5.     Anak memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan antusias terhadap banyak hal

6.     Anak bersifat eksploratif dan berjiwa petualang

7.     Anak umumnya kaya dengan fantasi

8.     Anak masih mudah frustrasi

9.     Anak masih kurang pertimbangan dalam bertindak

10.  Anak memiliki daya perhatian yang pendek

11.  Masa anak merupakan masa belajar yang paling potensial

12.  Anak semakin menunjukkan minat terhadap teman

 

B. Karakteristik Cara Belajar Anak Usia Dini

Anak memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa dalam berperilaku. Dengan demikian dalam hal belajar anak juga memiliki karakteristik yang tidak sama pula dengan orang dewasa. Karakteristik cara belajar anak merupakan fenomena yang harus dipahami dan dijadikan acuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini. Adapun karakterisktik cara belajar anak menurut Masitoh dkk. (2009: 6.9 – 6.12) adalah :

1.  Anak belajar melalui bermain

2.  Anak belajar dengan cara membangun pengetahuannya

3.  Anak belajar secara alamiah

4.  Anak belajar paling baik jika apa yang dipelajarinya mempertimbangkan keseluruhan aspek pengembangan, bermakna, menarik, dan fungsional.

 

C. Karakteristik Pembelajaran untuk Anak Usia Dini

Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini, menurut Sujiono dan Sujiono (Yuliani Nurani Sujiono, 2009: 138), pada dasarnya adalah pengembangan kurikulum secara konkret berupa seperangkat rencana yang berisi sejumlah pengalaman belajar melalui bermain yang diberikan pada anak usia dini berdasarkan potensi dan tugas perkembangan yang harus dikuasainya dalam rangka pencapaian kompetensi yang harus dimiliki oleh anak.

Atas dasar pendapat di atas dapat dinyatakan bahwa pembelajaran untuk anak usia dini memiliki karakteristik sebagai berikut.

1. Belajar, bermain, dan bernyanyi

Pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan prinsip belajar, bermain, dan bernyanyi (Slamet Suyanto, 2005: 133). Pembelajaran untuk anak usia dini diwujudkan sedemikian rupa sehingga dapat membuat anak aktif, senang, bebas memilih. Anak-anak belajar melalui interaksi dengan alat-alat permainan dan perlengkapan serta manusia. Anak belajar dengan bermain dalam suasana yang menyenangkan. Hasil belajar anak menjadi lebih baik jika kegiatan belajar dilakukan dengan teman sebayanya. Dalam belajar, anak menggunakan seluruh alat inderanya.

2. Pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan

Pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan mengacu pada tiga hal penting, yaitu : 1) berorientasi pada usia yang tepat, 2) berorientasi pada individu yang tepat, dan 3) berorientasi pada konteks social budaya (Masitoh dkk., 2005: 3.12).

Pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan harus sesuai dengan tingkat usia anak, artinya pembelajaran harus diminati, kemampuan yang diharapkan dapat dicapai, serta kegiatan belajar tersebut menantang untuk dilakukan anak di usia tersebut.

Manusia merupakan makhluk individu. Perbedaan individual juga harus manjadi pertimbangan guru dalam merancang, menerapkan, mengevaluasi kegiatan, berinteraksi, dan memenuhi harapan anak.

Selain berorientasi pada usia dan individu yang tepat, pembelajaran berorientasi perkembangan harus mempertimbangkan konteks sosial budaya anak. Untuk dapat mengembangkan program pembelajaran yang bermakna, guru hendaknya melihat anak dalam konteks keluarga, masyarakat, faktor budaya yang melingkupinya.

 

D. Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran sebagai segala usaha guru dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan (Masitoh dkk., 20056.3). Ada bermacam-macam strategi pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru Taman Kanak-kanak. Pemilihan strategi pembelajaran hendaknya mempertimbangkan beberapa faktor penting, yaitu: a. karakteristik tujuan pembelajaran, b. karakteristik anak dan cara belajarnya, c. tempat berlangsungnya kegiatan belajar, d. tema pembelajaran, serta e. pola kegiatan (Masitoh dkk., 2005: 6.3).

 

E. Jenis-jenis Strategi Pembelajaran di Taman Kanak-kanak

1. Strategi Pembelajaran yang Berpusat pada Anak

a. Pendekatan yang melandasi pembelajaran yang berpusat pada anak

Anak merupakan individu yang sedang tumbuh dan berkembang. Anak juga merupakan makhluk yang aktif. Atas dasar fakta tersebut maka dikembangkan strategi pembelajaran berdasarkan: 1) pendekatan perkembangan dan 2) pendekatan belajar aktif.

 

 

b. Karakteristik pembelajaran yang berpusat pada anak

Pembelajaran yang berpusat pada anak memiliki karakteristik sebagai berikut (Masitoh dkk., 2005: 8.5 – 8.6).

·       Prakarsa kegiatan tumbuh dari anak.

·       Anak memilih bahan-bahan dan memutuskan apa yang akan dikerjakan.

·       Anak mengekspresikan bahan-bahan secara aktif dengan seluruh inderanya.

·       Anak menemukan sebab akibat melalui pengalaman langsung dengan objek.

·       Anak mentransformasi dan menggabungkan bahan-bahan.

·       Anak menggunakan otot kasarnya.

c. Sintaks pembelajaran yang berpusat pada anak

Pembelajaran yang berpusat pada anak terdiri dari 3 tahap utama, yaitu : tahap merencanakan, tahap bekerja, dan tahap review.

1) Tahap merencanakan (planning time)

Pada tahap ini guru member kesempatan kepada anak-anak untuk merencanakan kegiatan yang akan dilakukannya. Guru, misalnya, menyediakan alat-alat bermain yang terdiri dari : a) balok-balok kayu, b) model buah-buahan, c) alat-alat transportasi, d) buku-buku cerita, e) peralatan menggambar, dan f) macam-macam boneka.

2) Tahap bekerja (work time)

Setelah memilih kegiatan yang akan dilakukannya, anak kemudian dikelompokkan berdasarkan kegiatan yang dipilih. Pada tahap ini anak mulai bekerja, bermain, atau memecahkan masalah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Guru mendampingi siswa, memberikan dkungan dan siap memberikan bimbingan jika anak membutuhkan.

3) Review / recall

Setelah anak-anak selesai melakukan aktivitasnya, mereka kemudian diberi kesempatan untuk mengungkapkan pengalamannya secara langsung. Pada tahap ini guru berusaha agar ana-anak mengungkapkan perasaannya dengan tepat.

2. Strategi Pembelajaran Melalui Bermain

a. Rasional strategi pembelajaran melalui bermain

Bermain merupakan kebutuhan anak. Bermain merupakan aktivitas yang menyatu dengan dunia anak, yang di dalamnya terkandung bermacam-macam fungsi seperti pengembangan kemampuan fisik motorik, kognitif, afektif, social, dst. Dengan bermain akan mengalami suatu proses yang menarahkan pada perkembangan kemampuan manusiawinya.

b. Sintaks pembelajaran melalui bermain

Strategi pembelajaran melalui bermain terdiri dari 3 langkah utama, yaitu: tahap prabermain, tahap bermain, dan tahap penutup.

1) Tahap prabermain

Tahap prabermain terdiri dari dua macam kegiatan persiapan : kegiatan penyiapan siswa dalam melaksanakan kegiatan bermain dan kegiatan penyiapan bahan dan peralatan yang siap untuk dipergunakan.

a) Kegiatan penyiapan siswa terdiri dari : (1) guru menyampaikan tujuan kegiatan bermain kepada para siswa, (2) guru menyampaikan aturan-aturan yang harus diikuti dalam kegiatan bermain, (3) guru menawarkan tugas kepada masing-masing anak, misalnya membuat istana, membuat, menara, dst., dan (4) guru memperjelas apa yang harus dilakukan oleh setiap anak dalam melakukan tugasnya.

b) Kegiatan penyiapan bahan dan peralatan yang diperlukan, misalnya menyiapkan bak pasir, ember, bendera kecil, dsb.

2) Tahap bermain

Tahap bermain terdiri dari rangkaian kegiatan berikut : a) semua anak menuju tempat yang sudah disediakan untuk bermain, b) dengan bimbingan guru, peserta permainan mulai melakukan tugasnya masing-masing, c) setelah kegiatan selesai setiap anak menata kembali bahan dan peralatan permainannya, dan d) anak-anak mencuci tangan.

3) Tahap penutup

Tahap penutup dari strategi pembelajaran melalui bermain terdiri dari kegiatan-kegiatan : a) menarik perhatian dan membangkitkan minat anak tentang aspek-aspek penting dalam membangun sesuatu, seperti mengulas bentuk-bentuk geometris yang dibentuk anak, dsb., b) menghubungkan pengalaman anak dalam bermain yang baru saja dilakukan dengan pengalaman lain, misalnya di rumah, c) menunjukkan aspek-aspek penting dalam bekerja secara kelompok, d) menekankan petingnya kerja sama.

3. Strategi Pembelajaran Melalui bercerita

a. Rasional strategi pembelajaran melalui bercerita

Pencapaian tujuan pendidikan Taman Kanak-kanak dapat ditempuh dengan strategi pembelajaran melalui bercerita. Masitoh dkk. (2005: 10.6) mengidentifikasi manfaat cerita bagi anak TK, yaitu sebagai berikut.

·       Bagi anak TK mendengarkan cerita yang menarik dan dekat dengan lingkungannya merupakan kegiatan yang mengasyikkan.

·       Guru dapat memanfaatkan kegiatan bercerita untuk menanamkan nilai-nilai positif pada anak.

·       Kegiatan bercerita juga memberikan sejumlah pengetahuan social, nilai-nilai moral dan keagamaan.

·       Pembelajaran dengan bercerita memberikan memberikan pengalaman belajar untuk mendengarkan.

·       Dengan dengan mendengarkan cerita anak dimungkinkan untk mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.

·       Membantu anak untuk membangun bermacam-macam peran yang mungkin dipilih anak, dan bermacam layanan jasa yang ingin disumbangkan anak kepada masyarakat.

b. Sintaks pembelajaran melalui bercerita

Strategi pembelajaran melalui bercerita terdiri dari 5 langkah. Langkah-langkah dimaksud adalah sebagai berikut.

1) Menetapkan tujuan dan tema cerita.

2) Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih, misalnya bercerita dengan membaca langsung dari buku cerita, menggunakan gambar-gambar, menggunakan papan flannel, dst.

3) Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita sesuai dengan bentuk bercerita yang dipilih.

4) Menetapkan rancangan langkah-langkah kegiatan bercerita, yang terdiri dari:

·       menyampaikan tujuan dan tema cerita,

·       mengatur tempat duduk,

·       melaksanaan kegiatan pembukaan,

·       mengembangkan cerita,

·       menetapkan teknik bertutur,

·       mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita.

5) Menetapkan rancangan penilaian kegiatan bercerita

Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran dilaksanakan penilaian dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan isi cerita untuk mengembangkan pemahaman anak aka isi cerita yang telah didengarkan.

4. Strategi Pembelajaran Melalui Bernyanyi

a. Rasional strategi pembelajaran melalui bernyanyi

Honig, dalam Masitoh dkk. (2005: 11.3) menyatakan bahwa bernyanyi memiliki banyak manfaat untuk praktik pendidikan anak dan pengembangan pribadinya secara luas karena : 1) bernyanyi bersifat menyenangkan, 2) bernyanyi dapat dipakai untuk mengatasi kecemasan, 3) bernyanyi merupakan media untuk mengekspresikan perasaan, 4) bernyanyi dapat membantu membangun rasa percaya diri anak, 5) bernyanyi dapat membantu daya ingat anak, 6) bernyanyi dapat mengembangkan rasa humor, 7) bernyanyi dapat membantu pengembangan keterampilan berpikir dan kemampuan motorik anak, dan 8) bernyanyi dapat meningkatkan keeratan dalam sebuah kelompok.

b. Sintaks pembelajaran melalui bernyanyi

Strategi pembelajaran dengan bernyanyi terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut.

1) Tahap perencanaan, terdiri dari: (a) penetapkan tujuan pembelajaran, (b) penetapan materi pembelajaran, (c) menetapkan metode dan teknik pembelajaran, dan (d) menetapkan evaluasi pembelajaran.

2) Tahap pelaksanaan, berupa pelaksanaan apa saja yang telah direncanakan, yang terdiri dari:

(a) kegiatan awal : guru memperkenalkan lagu yang akan dinyanyikan bersama dan memberi contoh bagaimana seharusnya lagu itu dinyanyikan serta memberikan arahan bagaimana bunyi tepuk tangan yang mengiringinya.

(b) Kegiatan tambahan : anak diajak mendramatisasikan lagu, misalnya lagu Dua Mata Saya, yaitu dengan melakukan gerakan menunjuk organ-organ tubuh yang ada dalam lirik lagu.

(c) Kegiatan pengembangan : guru membantu anak untuk mengenal nada tinggi dan rendah dengan alat musik, misalnya pianika.

3) Tahap penilaian, dilakukan dengan memakai pedoman observasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai anak secara individual maupun kelompok.

5. Strategi Pembelajaran Terpadu

a. Rasional strategi pembelajaran terpadu

Anak adalah makhluk seutuhnya, yang memiliki berbagai aspek kemampuan, yang semuanya perlu dikembangkan. Berbagai kemampuan yang dimiliki oleh anak dapat berkembang jika ada stimulasi untuk hal tersebut. Dengan pembelajaran terpadu, pembelajaran yang mengintegrasikan ke dalam semua bidang kurikulum atau bidang-bidang pengembangan, berbagai kemampuan anak yang ada pada anak diharapkan dapat berkembangan secara optimal.

b. Karakteristik strategi pembelajaran terpadu

Pembelajaran terpadu memiliki karakteristik : 1) dilakukan melalui kegiatan pengalaman langsung, 2) sesuai dengan kebutuhan dan minat anak, 3) memberikan kesempatan kepada anak untuk menggunakan semua pemikirannya, 4) menggunakan bermain sebagai wahana belajar, 5) menghargai perbedaan individu, dan 6) melibatkan orag tua atau keluarga untuk mengoptimalkan pembelajaran (Masitoh dkk., 2005: 12.10).

Kontak

Jln. Tunggala Dalam Baito Kelurahan Anawai Kec. Wua-Wua Kota Kendari SULTRA

Alamat Surel

Rip

silahkan download Rip Di sini

Silahkan Login Untuk melengkapi/mengubah data diri anda!
Halaman Login : Hermanto, S.Pd, M.Pd.